Skema Pembelahan Biner

Skema Pembelahan Biner

Berikut skema pembelahan biner : 

Transformasi adalah perubahan genotipe sel dengan cara mengambil DNA asing dari lingkungan sekitar. Transformasi merupakan rekombinasi genetik, perputaran segmen DNA dengan cara pindah silang (crossing over). 

Sel yang ditransformasi akan memiliki satu kromosom yang mengandung DNA, yang berasal dari dua sel yang berbeda. Transduksi umum adalah jenis transduksi dimana gen bakteri ditransfer secara acak dimulai ketika Bakteriofaga lepas dari inang yang lisis, maka faga dapat menempel pada bakteri lain dan menginjeksikan bagian DNA bakteri yang didapat dari sel pertama. 

Beberapa DNA kemudian dapat menggantikan daerah homolog dari kromosom sel kedua. Kromosom sel sekarang memiliki kombinasi DNA yang berasal dari dua sel sehingga rekombinasi genetik telah terjadi. Transduksi khusus hanya mentransfer gen tertentu, yaitu gen yang berada di dekat tempat profaga pada kromosom tersebut, dan terjadi pada bakteri temperata saat siklus lisogenik. 

Konjugasi adalah transfer langsung materi genetik antara dua sel bakteri yang berhubungan sementara. Plasmid  adalah molekul DNA kecil, sirkular, dapat bereplikasi sendiri, yang terpisah dari kromosom bakteri. 

Peranan bakteri sebagai : bahan pangan, sumber penyakit dan pengurai sampah organik

Bakteri fotosintetik memiliki klorofil khusus yang tergabung di dalam membran mesosom. Bakteri kemoautotrof mempu membuat karbohidrat dari bahan mentah anorganik tanpa menggunakan energi cahaya

Bakteri gram positif ada yang berbentuk batang dan kokus. Bakteri gram positif bersifat patogen karena mampu menghasilkan toksin yang kuat sehingga menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi hewan dan manusia

Bakteri gram negatif ada yang berbentuk batang dan kokus. Contoh bakteri gram negatif yaitu Escherichia coli, yang menghuni usus manusia tetapi tidak bersifat parasit, membantu sintesis vitamin K dan B di dalam tubuh. 

Pada bakteri gram negatif berbentuk kokus terdapat spesies yang berbahaya bagi kesehatan, contohnya Neissiria meningitidis karena dapat menimbulkan penyakit meningitis meningoklonal. 

Actinomicetes adalah bakteri yang menyerupai jamur (fungi), tetapi tidak termasuk fungi, melainkan termasuk monera. Karena fungi memiliki sel eukariotik, actinomicetes memiliki sel prokariotik dan merupakan anggota yang dominan dari populasi mikroba di tanah. 

Spirochaeta adalah bakteri yang panjang dan juga tipis, berbentuk pilinan yang panjangnya berkisar beberapa ɥm sampai 500 ɥm.  Spirochaeta ada yang tidak berbahaya tetapi ada juga yang parasit, misalnya Spirochaeta yang menyebabkan penyakit sifilis, yaitu penyakit kelamin yang menular. 

Mycoplasma adalah bakteri nonmotil yang kecil sekali tanpa dinding sel. ada yang hidup bebas, ada yang hidup ebagai parasit. Ada yang menyebabkan penyakit pleuropneumonia pada hewan ternak, ada juga yang menyebabkan penyakit pneumonia atipikal primer pada manusia. 

Rickettsia merupakan bakteri parasit yang hidup pada Arthropoda seperti caplak, tungau, kutu rambut, dan kutu anjing serta mamalia, mereka bergantung kepada sel inangnya agar disediakan koenzim seperti ATP. Chlamydiae adalah monera yang menyerupai Rickettsia, penyakit yang dapat ditimbulkannya yaitu psittacosis atau “parrot fever” atau demam burung kakak tua. 

Bakteri peluncur adalah bakteri yang cara berpindah tempatnya adalah meluncur diatas substratnya. Bakteri peluncur berfilamen, mirip dengan kelompok utama prokariota, yaitu ganggang hijau-biru. Bakteri peluncur berfilamen ini dapat mewakili ganggang hijau-biru yang telah kehilangan kemampuannya untuk ber-fotosintesis.

Cyanophyta (ganggang hijau-biru) adalah monera yang mirip dengan Algae (ganggang), karena cara hidup, habitat, dan cara fotosintesis mirip dengan algae. Namun, Cyanophyta termasuk sel prokariotik, sehingga digolongkan dalam kingdom Monera. Cyanophyta mengandung klorofil, beta karoten, pigmen biru (fikosianin) dan pigmen merah (fikoeritrin).     


Sekolah JosGandos
Madrasah JosGandos
SMK JosGandos
Kuliah JosGandos
Beasiswa JosGandos
Ekskul JosGandos
AKM JosGandos
Literasi JosGandos
PPDB JosGandos